Siapa Tunggal Putri Indonesia dengan Posisi Tertinggi Sekarang?

Siapa Tunggal Putri Indonesia dengan Posisi Tertinggi Sekarang?

 

 Sportsnews.id - Tunggal putri Indonesia terus mengalami perkembangan di turnamen Badminton World Federation (BWF). Siapakah wanita lajang yang memiliki tahta tertinggi saat ini?

Beberapa perubahan rangking juga terjadi di barisan tunggal putri Merah Putih pekan ini, khususnya para pemain bulu tangkis Indonesia yang masuk dalam skuat utama PBSI.

PBSI memiliki 15 pemain tunggal putri dengan 10 di antaranya masuk dalam skuat utama. Susunan pemain utama adalah Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Stephanie Widjaja, Saifi Rizka Nur Hidayah, Asty Dwi Widyaningrum, Nandini Putri Arumni, Bilqis Prasista, Siti Sarah Azzahra, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Aisyah Sativa Fatetani.

Merujuk pada ranking BWF, Jorji, panggilan akrab Gregoria Mariska masih menjadi nomor satu tunggal putri Indonesia saat ini. Saat ini, juara dunia junior 2017 itu berada di peringkat 26 dunia, setelah sebelumnya berada di peringkat 31 dunia.

Catatan manis itu didapat pemain berusia 22 tahun itu setelah kiprahnya di tur Asia Tenggara menuai hasil bagus. Ia keluar sebagai semifinalis di Malaysia Masters dan terhenti di perempat final turnamen Singapore Open Super 500 2022.

Setelah Gregoria, posisi terbaik kedua diraih oleh Putri Kusuma Wardani. Putri saat ini menempati peringkat ke-48 dunia. Dia meningkatkan peringkatnya setelah memenangkan 2022 Orleans Masters pada 29 Maret-3 April.

Wanita yang semula menempati peringkat 78 dunia pada 31 Maret lalu itu naik ke peringkat 59 pada 5 April, kemudian naik lima peringkat ke peringkat 50 dunia pada 5 Mei setelah terhenti di putaran kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022.

Putri pernah menduduki peringkat 47 dunia tertinggi pada awal Juli lalu, namun kemudian turun ke posisi 48 setelah penampilannya di tur Asia Tenggara tidak memuaskan. Dari tiga turnamen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open 2022, Putri yang saat ini menjalani latihan sebagai Polisi Wanita (Polwan), terhenti di babak 32 besar.

Komang Ayu Cahya Dewi saat ini menduduki peringkat ketiga tunggal putra terbaik di Indonesia. Peringkatnya saat ini berada di nomor 131 dunia. Mengenai karyanya tahun ini, skor terbaik Komang adalah perempat final Bonn International 2022 dari tujuh turnamen yang telah ia mainkan.

Hasil tersebut tak lebih baik dari pencapaiannya di tahun 2021. Komang masih sempat mencicipi semifinal Bahrain International Challenge, dan menjadi runner up di International Series 2021.

Sedangkan di peringkat keempat ada Stephanie Widjaja yang menempati peringkat 190 dunia. Adapun Bilqis Prasista yang sempat menggemparkan dunia bulu tangkis usai menyingkirkan pemain nomor 1 dunia Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022 masih menempati peringkat 245 dunia.

Urutan Ranking 10 Pemain Top Indonesia :

1. Gregoria Mariska Tunjung: 26 dunia

2. Putri Kusuma Wardani : 48 dunia

3. Komang Ayu Cahya Dewi : 131 dunia

4. Stephanie Widjaja : 190 dunia

5. Aisyah Sativa Fatetani : 221 dunia

6. Bilqis Prasista : 245 dunia

7. Asty Dwi Widyaningrum : 275 dunia

8. Siti Sarah Azzahra : 336 dunia

9. Saifi Rizka Nurhidayah : 463 dunia

10. Nandini Arumni : 491 dunia.

Lebih baru Lebih lama