Hasil F1 GP Hungaria 2022: Verstappen menang, Hamilton kedua

Hasil F1 GP Hungaria 2022: Verstappen menang, Hamilton kedua

 

 Sportsnews.id - Max Verstappen berhasil menjadi juara pada balapan Formula 1 GP Hungaria 2022. Sementara itu, Mercedes kembali mengamankan podium ganda melalui Lewis Hamilton dan George Russell.

Pada balapan yang digelar di Sirkuit Hungaroring, Minggu (31/7/2022), George Russell yang mengawali balapan dari grid pertama mampu mempertahankan keunggulan dari duo Ferrari yang mengikutinya. Itu berlangsung hingga lap 17, saat dia masuk pit.

Carlos Sainz naik ke posisi teratas, diikuti oleh Charles Leclerc. Tapi satu putaran kemudian, Sainz mengadu, memberi Leclerc posisi teratas. Lewis Hamilton dan Sergio Perez berada di posisi kedua. Ketiganya belum masuk pit.

Perez masuk pit pada lap 19, membuat posisi ketiga diisi Russell dengan ban baru dibandingkan dua pembalap di depannya. Masuknya Hamilton ke pit pada lap 20 mengangkat posisi Russell ke peringkat dua. Sainz kembali ke posisi tiga besar.

Leclerc akhirnya diadu di lap 22, tapi pembalap Monaco itu hanya kehilangan satu posisi dan kembali ke trek di urutan kedua, sekitar 2 detik di belakang Russell, tapi di depan Sainz.

Pada lap 26, jarak Russell dan Leclerc kurang dari satu detik, Leclerc menyalakan DRS-nya untuk menyalip, tetapi Russell masih bertahan. Baru pada lap 31 Leclerx akhirnya bisa mengamankan posisi terdepan.

Lap 40, Leclerc diadu, mengganti ban ke tipe hard. Demikian pula, Russell semakin sulit dengan ban belakang. Sainz menyodok ke posisi teratas, disusul Hamilton. Sedangkan Leclerc masuk di posisi ketiga.

Max Verstappen yang sejak awal balapan tidak berlaga di papan atas hanya berhasil menyodok posisi ketiga di lap 41, namun pebalap Belanda itu terpeleset di lap 42 dan posisinya direbut kembali oleh Leclerc.

Verstappen kembali mengejar, dan akhirnya berhasil menyalip Leclerc di lap ke-45. Hamilton memimpin balapan di lap ke-48 usai Sainz masuk pit. Verstappen menyodok ke posisi dua, disusul Leclerc. Sainz masuk trek di posisi lima, di belakang Russell.

Dengan selisih kurang dari 5 detik di belakang Hamilton pada lap ke-50, Verstappen punya kans besar menyalip di sisa 20 lap. Dan upaya itu berhasil di lap ke-52, saat Hamilton masuk pit kedua kalinya.

Verstappen memimpin balapan, disusul Leclerc, Russell, Sainz, dan Hamilton yang kembali ke trek di posisi lima. Pada lap ke-54, Russell yang memakai ban medium menyalip Leclerc yang memakai ban hard.

Leclerc masuk pit di lap ke-55, mengganti bannya menjadi soft. Sainz masuk tiga besar, disusul Hamilton dan Perez di lima besar. Sainz dan Hamilton juga memakai ban soft seperti Leclerc, yang kini di posisi enam.

Dengan ban lunaknya, Hamilton menyalip Sainz di lap ke-63, lalu menyalip Russel di lap ke-65. Namun selisih waktu dengan Verstappen masih jauh, lebih dari 10 detik. Pada akhirnya, kesenjangan waktu tidak terkejar.

Verstappen berhasil mempertahankan posisinya, mengamankan kemenangan kedelapannya musim ini. Sementara Hamilton finis kedua dan merebut poin lap tercepat, sementara Russell menyelesaikan podium GP Hungaria 2022.

Hasil F1 GP Hungaria 2022:

Urutan-Nama-Negara-Tim-Catatan/Selisih Waktu

1 Max Verstappen NED Red Bull Racing 1:39:35.912

2 Lewis Hamilton GBR Mercedes + 7.834s*

3 George Russell GBR Mercedes + 12.337s

4 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari + 14.579s

5 Sergio Perez MEX Red Bull Racing + 15.688s

6 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 16.047s

7 Lando Norris GBR McLaren + 78.300s

8 Fernando Alonso ESP Alpine + 1 Lap

9 Esteban Ocon FRA Alpine + 1 Lap

10 Sebastian Vettel GER Aston Martin + 1 Lap

11 Lance Stroll CAN Aston Martin + 1 Lap

12 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri + 1 Lap

13 Daniel Ricciardo AUS McLaren + 1 Lap

14 Guanyu Zhou CHN Alfa Romeo + 1 Lap

15 Mick Schumacher GER Haas + 1 Lap

16 Alexander Albon THA Williams Racing + 1 Lap

17 Kevin Magnussen DEN Haas + 1 Lap

18 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 Lap

19 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri + 2 Laps

DNF Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo

Lebih baru Lebih lama