Piala AFF U-16 2022: Tim Kuat Vietnam, Timnas U-16 Indonesia Sapu Kemenangan dan Raih Juara Grup

Piala AFF U-16 2022: Tim Kuat Vietnam, Timnas U-16 Indonesia Sapu Kemenangan dan Raih Juara Grup

 

 Sportsnews.id - Timnas U-16 Indonesia sukses meraih kemenangan ketiganya di Grup A Piala AFF U-16 sekaligus meraih gelar juara grup.  Mereka menang 2-1 atas Vietnam U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (8/6/2022) malam.

  Peluang pertama pertandingan ini muncul di menit ketiga.  Adalah Nabil Asyura yang melepaskan tendangan bebas keras dan menyundul ke gawang.  Sayang, tembakannya bisa diselamatkan oleh kiper Pham Dinh Hai.

Penampilan agresif Timnas U-16 Indonesia mulai menimbulkan ancaman di menit ke-18.  Itu tercipta melalui tendangan bebas Narendra Tegar dari jarak yang cukup jauh.  Dia mengarahkan bola langsung ke gawang, tetapi ditangkap oleh Pham Dinh Hai lagi.

  Upaya menyerang kembali membuat Vietnam terancam di menit ke-32.  Kali ini, Arkhan Kaka dari sisi kiri mengirimkan umpan tarik ke Hanif Ramadhan yang dilanjutkan sebagai tembakan.  Sayang, tembakannya melambung.

Nasib sial dialami Timnas U-16 Indonesia yang divonis penalti.  Memasuki menit ke-41, Rizdjar Nurviat dianggap menjatuhkan Le Dinh Long di kotak terlarang.  Hal ini melahirkan protes dari para pemain timnas U-16 Indonesia.

  Wasit Warintorn Sassadee tak bergeming dan tetap memberikan penalti untuk Vietnam.  Alhasil, kapten Nguyen Cong Phuong menjadi eksekutor pada menit ke-42.  Ia pun berhasil mengecoh Andrika Fathir dan membuat Vietnam U-16 memimpin 1-0.

  Kondisi ini memaksa Timnas Indonesia U-16 tampil lebih agresif guna mencetak gol balasan.  Arkhan Kaka nyaris membobol gawang pada menit ke-45 setelah menerima umpan terobosan, namun tembakannya bisa diblok.

  Di sisa waktu di babak pertama, tak ada lagi gol tercipta.  Untuk sementara, skuad Garuda Asia tertinggal 0-1 dari tim tamu.

Timnas U-16 Indonesia tancap gas untuk menyerang guna membalikkan kedudukan.  Pada menit ke-47, Riski Afrisal melepaskan tendangan bebas yang keras, namun tendangannya berhasil ditangkap kiper Pham.

  Gol balasan akhirnya muncul pada menit ke-52.  Berkat dribel Narendra Tegar yang masuk ke kotak penalti dan dilanjutkan dengan umpan silang.  Bola kemudian disambut dengan sundulan Kaka dan membuat Vietnam kebobolan.

  Hanya berselang tiga menit, timnas U-16 Indonesia berbalik unggul.  Gol kedua ini lahir melalui skema serangan balik dan membuat Nabil Asyura mendapat umpan terobosan.  Dengan tendangan keras, Nabil membobol gawang Vietnam pada menit ke-55.

  Dalam kondisi unggul 2-1, Timnas U-16 Indonesia masih berusaha menyerang.  Namun, mereka lebih banyak memainkan bola di lini tengah.  Beberapa kali Iqbal Gwijangge dkk.  juga mampu mematahkan serangan lawan.

Pada menit ke-87, Vietnam mampu membobol gawang timnas U-16 Indonesia melalui tembakan keras.  Bola ditangkap oleh Andrika Fathir yang kemudian diganggu pemain Vietnam lainnya.  Bola yang masuk ke gawang dianulir oleh wasit karena dianggap pelanggaran terlebih dahulu.

  Wasit pun membunyikan peluit panjang dengan skor 2-1 untuk Timnas Indonesia U-16.  Kemenangan ini membuat Garuda Asia memuncaki klasemen Grup A dengan poin sempurna, yakni 9 poin, dan berstatus juara grup.

  Hasil ini juga membuat Timnas U-16 Indonesia dipastikan lolos ke semifinal.  Sementara Vietnam mungkin masih lolos sebagai runner-up terbaik.

Lebih baru Lebih lama