Xavi: Aubameyang Telah Melakukan Banyak Hal Untuk Barcelona !

Xavi: Aubameyang Telah Melakukan Banyak Hal Untuk Barcelona !

 

 Sportsnews.id - Masa jabatan Pierre-Emerick Aubameyang di Barcelona relatif singkat, hanya setengah musim. Meski begitu, dampaknya sangat penting bagi perjalanan skuat Xavi Hernandez saat ini.

Sebelum Aubameyang didatangkan secara cuma-cuma dari Arsenal pada awal Februari lalu, Barcelona sempat kacau balau. Mereka tersingkir dari babak penyisihan grup Liga Champions, berada di tengah Liga Spanyol, dan kekurangan stok striker tajam.

Ansu Fati mengalami cedera panjang, begitu juga dengan Ousmane Dembele. Sementara Memphis Depay yang menjadi striker utama hanya mencetak delapan gol di La Liga sebelum kedatangan Aubameyang.

Begitu dia hadir, ditambah kedatangan Ferran Torres, Barcelona perlahan bangkit. Hanya dalam 24 pertandingan, stiker asal Gabon itu mencetak 13 gol, menjadikannya pencetak gol terbanyak klub musim lalu bersama Depay yang juga mengakhiri musim dengan catatan yang sama.

Skema permainan yang diinginkan Xavi berjalan dengan baik. Barcelona mengakhiri Liga Spanyol dengan finis di peringkat kedua, di belakang Real Madrid yang konsisten sejak awal. Aubameyang memainkan peran penting di sini.

Kembalinya ke Liga Champions juga membuat Barcelona lebih mudah merekrut banyak pemain bintang musim panas ini. Belum tentu Robert Lewandowski dkk akan tertarik datang ke Camp Nou jika Blaugrana hanya tampil di Liga Europa.

Karena itu, meski Aubameyang akhirnya tersingkir dan memilih kembali ke Premier League membela Chelsea, Xavi tetap tak melupakan jasa sang pemain. Striker berusia 33 tahun itu telah memberikan kontribusi penting bagi masa depan Barcelona.

"Saya sedih melihatnya (Aubameyang) pergi. Dia telah memberikan banyak hal dalam waktu singkatnya di sini," kata Xavi seperti dikutip ESPN.

“Dia membuat perbedaan dalam permainan, mencetak golnya luar biasa, dia orang yang hebat, selalu tersenyum, berlatih dengan baik.”

Tapi kemudian sebuah kesempatan datang, tidak hanya bagus untuknya, tapi juga untuk klub. Semua pihak puas dengan transfer ini, tapi saya masih merasa sedih kehilangan pemain seperti dia," jelas Xavi.

Aubameyang akan memakai nomor punggung 9 di Chelsea. Ia mengaku ada urusan yang belum selesai di Premier League, sehingga ia tertarik untuk kembali ke London, meski membela klub yang berbeda dari sebelumnya.

Lebih baru Lebih lama