Marc Marquez Menghancurkan Era Kejayaan Valentino Rossi Di MotoGP !

Marc Marquez Menghancurkan Era Kejayaan Valentino Rossi Di MotoGP !

 

Sportsnews.id - Marc Marquez berjasa menghancurkan era kejayaan Valentino Rossi di MotoGP. Kehadiran The Baby Alien juga membuka jalan bagi calon pembalap lainnya.

Rossi adalah nama yang dikaitkan dengan MotoGP di awal tahun 2000-an. The Doctor berhasil menjadi juara dunia berturut-turut dari 2001 hingga 2005 dan menambah dua gelar lagi pada 2008 hingga 2009.

Karier Rossi mulai meredup sejak beralih dari Yamaha ke Ducati pada 2011. Dia sempat kembali ke tim Tala Fork pada 2013, tetapi tidak dapat memperpanjang gelar dunianya hingga pensiun pada 2021.

2013 menandai debut Marc Marquez di kelas premier MotoGP. MM93 menjadi Juara Dunia instan di musim pertamanya dan berhasil mendominasi MotoGP pada pertengahan 2010-an.

Setelah sukses di musim 2013, Marquez kembali meraih gelar juara pada 2014 dan 2016-2019. Pebalap Repsol Honda itu mengalami penurunan performa setelah dihantam patah lengan dan gangguan penglihatan ganda pada 2020.

Cedera tersebut membuatnya absen cukup lama dan sulit bersaing di MotoGP hingga saat ini. Dia tidak bisa mengimbangi pembalap muda seperti Francesco Bagnaia hingga Fabio Quartararo.

Marco Melandri mengapresiasi penampilan gemilang yang ditorehkan Marquez dalam kariernya. Juara kelas 250cc 2002 itu menilai MM93 berhasil mematahkan dominasi Valentino Rossi.

“Marquez mengakhiri era Valentino Rossi dan mengantarkan era baru. Dalam banyak hal, Marc seperti Valentino: secara atletis dia brengsek dan di trek dia mengulangi semua yang dilakukan Vale sebelumnya," kata Melandri.

Marc Marquez memiliki karir yang panjang untuk menyamai rekor juara dunia Valentino Rossi. Pembalap berusia 29 tahun itu memiliki delapan gelar juara, hanya terpaut satu gelar dari The Doctor.

Lebih baru Lebih lama