Prancis vs Maroko : Menang 2-0,Les Bleus Ke Final Piala Dunia 2022 !

Prancis vs Maroko : Menang 2-0,Les Bleus Ke Final Piala Dunia 2022 !

 

Sportsnews.id - Laga di Al Bayt Stadium, Kamis (15 Desember 2022) dini hari WIB berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Prancis.

Les Bleus - juga dikenal sebagai timnas Prancis - unggul sejak menit kelima melalui Theo Hernandez. Setelah itu mereka bermain bertahan hingga mencetak gol kedua pada menit ke-79 melalui pemain pengganti Randal Kolo Muani.

Jalannya Laga

Timnas Prancis berakselerasi tepat di awal pertandingan di babak pertama. Les Bleus tak segan-segan menerobos pertahanan kuat Maroko yang dikawal lima pemain sekaligus.

Mereka memanfaatkan kecepatan Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele. Tak butuh waktu lama, Theo Hernandez (5') akhirnya membobol gawang Yassine Bounou dengan tendangan setengah voli dan Prancis menang 1-0.

Setelah pukulan ini, singa Atlas membalas dengan permainan ofensif. Hakim Ziyech dan Sofyan Amrabat terpantau menjadi sosok utama penyalur serangan Maroko. Namun, beberapa peluang tidak membuahkan gol.

Sejak menit ke-15, serangan timnas Prancis semakin beringas. Namun kali ini, mereka memainkan pola yang berbeda, memainkan bola panjang langsung ke pertahanan Maroko. Olivier Giroud nyaris menambah keunggulan andai tembakan kerasnya tidak membentur tiang gawang.

Kuatnya pertahanan Maroko membuat timnas Prancis garuk-garuk kepala. Di sisi lain, Maroko yang menerapkan sistem serangan balik kerap mengancam dengan serius ke gawang yang dikawal Hugo Lloris.

Timnas Prancis akhirnya kembali menguasai permainan di menit-menit akhir babak pertama. Permainan cepat dan efektif berhasil membongkar pertahanan Maroko.

Singa Atlas memiliki peluang emas. Mereka membuat kekacauan di depan gawang timnas Prancis dengan sepak pojok. Namun, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga turun minum.

Pelatih Maroko Walid Reragugui bereaksi terhadap situasi tersebut dengan menurunkan Yahya Attiyat Allah setelah turun minum. Sebelumnya, Attiyat Allah memberikan assist untuk gol Youssef En-Nesyri saat melawan Portugal di babak perempat final.

Kehadiran Attiyat Allah juga menambah nuansa baru serangan Maroko. Singa Atlas sempat beberapa kali mengancam, namun Prancis mampu bertahan dari serangan gencar tersebut.

Pada menit ke-65, pelatih Didier Deschamps tampak ingin Prancis bermain lebih dalam dengan mengeluarkan Olivier Giroud. Penggantinya adalah Marcus Thuram. Meski Thuram juga seorang penyerang, Deschamps memainkannya sebagai pemain sayap di sini.

Pada menit ke-75, Abderazek Hamdallah mengancam akan menggiring bola ke kotak penalti. Sayang, penyerang yang masuk dari bangku cadangan itu hanya bisa melepaskan tembakan saat peluang sudah habis.

Randal Kolo Muani masuk menggantikan Ousmane Dembele pada menit ke-79. Semenit berselang, penyerang Eintracht Frankfurt itu sukses mencetak gol kedua untuk Prancis usai memaksimalkan tembakan Kylian Mbappé yang membentur kaki pemain asal Maroko itu.

Maroko menolak untuk menyerah. Di perpanjangan waktu mereka mencoba mengancam Hamdallah namun Jules Kounde memastikan gawang Prancis tetap aman.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Maroko masih belum bisa membalas. Prancis pun lolos ke final dan akan menghadapi Argentina pada Minggu 18 Desember 2022 pukul 22.00 WIB di Stadion Lusail.

Susunan Pemain Prancis vs Maroko:

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris (GK), Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez, Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud.

Cadangan: Benjamin Pavard, Axel Disasi, Matteo Guendouzi, Randal Kolo Muani, Jordan Veretout, Steve Mandanda, William Saliba, Dayot Upamecano, Kingsley Coman, Alphonse Areola, Eduardo Camavinga, Marcus Thuram.

Pelatih: Didier Deschamps

Maroko (5-4-1): Yassine Bounou (GK), Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Nayef Aguerd, Romain Saiss, Noussair Mazraoui, Hakim Ziyech, Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri.

Cadangan: Abderrazak Hamdallah, Anass Zaroury, Abdelhamid Sabiri, Munir Mohand Mohamedi, Ilias Chair, Zakaria Aboukhlal, Selim Amallah, Abde Ezzalzouli, Achraf Dari, Ahmed Reda Tagnaouti, Bilal El Khannous, Badr Benoun, Yahia Attiyat Allah, Yahya Jabrane.

Pelatih: Walid Regragui


Lebih baru Lebih lama