Sikat Kroasia 0-3 Di Semifinal, Argentina Ke Final Piala Dunia 2022

Sikat Kroasia 0-3 Di Semifinal, Argentina Ke Final Piala Dunia 2022

 

Sportsnews.id - Pada laga di Lusail Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB, La Albiceleste --julukan timnas Argentina-- sukses keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0.

Argentina sempat unggul dua gol di babak pertama berkat gol Lionel Messi dan Julian Alvarez.  Messi mencetak gol lewat penalti pada menit ke-34, disusul serangan balik kilat Alvarez lima menit berselang.

Argentina berhasil memperbesar keunggulannya di babak kedua melalui Julian Alvarez di menit ke-69.  Lionel Messi kembali berperan dengan mencatatkan assist.

Jalannya Laga

Di awal babak pertama, timnas Argentina mencoba mendominasi pertandingan.  La Albiceleste memainkan bola-bola panjang untuk membongkar pertahanan timnas Kroasia.

Terpantau, beberapa kali Rodrygo De Paul mengirimkan umpan lambung ke Julian Alvarez dan Lionel Messi.  Namun, beberapa upaya tersebut berhasil dipatahkan oleh Vatreni --julukan Timnas Kroasia.

Memasuki menit ke-20, timnas Kroasia akhirnya berhasil menyamakan pola permainan La Albiceleste.  Tak jarang, mereka membangun serangan yang mengancam pertahanan Nicolas Otamendi dan kawan-kawan.

Namun, pada menit ke-24, timnas Argentina mendapat peluang emas lewat sepakan Enzo Fernandez.  Beruntung, Dominik Livakovic mampu melakukan penyelamatan gemilang.  Kedua tim kembali melakukan jual beli serangan.

Pada menit ke-32, timnas Argentina mendapat hadiah penalti setelah Julian Alvarez dilanggar di kotak penalti.  Lionel Messi (34') yang keluar sebagai algojo berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik, Argentina menang 1-0.

Usai gol tersebut, Vatreni langsung bereaksi dengan melancarkan serangan masif.  Borna Sosa kerap tampil ke depan untuk membantu pola serangan.  Namun, berbagai upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Di sisi lain, La Albiceleste yang menunggu momentum untuk melakukan serangan balik justru berhasil menggandakan keunggulan.  Gol kedua datang dari Julian Alvarez (39') yang berlari dari tengah lapangan kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat.

Gol tersebut membuat Stadion Lusail bergemuruh untuk kedua kalinya.  Di penghujung babak pertama, kedua tim terus bermain jual beli serangan.  Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga turun minum.

Sadar hanya perlu mempertahankan hasil, Argentina mengawali babak kedua dengan lambat.  Mereka memutuskan untuk bermain menunggu.

Pada menit ke-58, Lionel Messi kembali memberikan ancaman usai memainkan umpan satu-dua di kotak penalti.  Namun tembakan sang megabintang masih bisa ditepis oleh Dominik Livakovic.

Strategi bertahan Lionel Scaloni semakin terlihat pada menit ke-62 saat ia melepas Leandro Paredes yang notabene berposisi gelandang.  Menggantikannya adalah bek, Lisandro Martinez.

Albiceleste semakin unggul di menit ke-69.  Messi merangsek masuk ke kotak penalti dari sayap kanan dan memberikan umpan kepada Alvarez.  Penyerang Manchester City itu tak melewatkan peluang dan sukses memperbesar keunggulan Argentina menjadi 3-0.

Hingga menit ke-90, Kroasia kesulitan memberikan ancaman berarti bagi gawang Argentina.  Lionel Messi cs pun melaju ke final dengan kemenangan 3-0.

Lebih baru Lebih lama