Bermain Sebagai Starter di Barcelona, ​​​​Lamine Yamal Memecahkan Rekor LaLiga

Bermain Sebagai Starter di Barcelona, ​​​​Lamine Yamal Memecahkan Rekor LaLiga

 

Sportsnews.id - Lamine Yamal bermain sebagai starter dalam pertandingan Barcelona vs Cadiz. Dia memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang menjadi starter di LaLiga.

Barcelona menang 2-0 melawan Cadiz pada laga pekan kedua LaLiga 2023/2024 di Estadio Olimpico Lluis Companys Senin dini hari (21/08/2023). Dua gol El Barca lahir lewat Pedri dan Ferran Torres.

Dalam laga itu, Barcelona menampilkan pemain berusia 16 tahun Lamine Yamal di starting XI. Yamal juga dipercaya bisa bermain sebagai pemain pengganti pekan lalu saat melawan Getafe.

Penampilan Yamal sejak menit-menit awal pertandingan melawan Cadiz membuatnya memecahkan rekor LaLiga. Menurut Opta, Yamal merupakan pemain termuda yang tampil sebagai starter di LaLiga pada abad ke-21.

Lamine Yamal berusia 16 tahun 38 hari. Dia memecahkan rekor Fabrice Olinga sebelumnya. Olinga menjadi starter di pertandingan LaLiga untuk Malaga pada tahun 2012 pada usia 16 tahun 112 hari.

Yamal langsung menunjukkan penampilan menjanjikan di laga debutnya sebagai starter. Dia bermain sebagai bek kanan dan tampil baik dalam bertahan dan menyerang.

Menurut WhoScored, Yamal mampu melepaskan dua tembakan dan melakukan umpan penting. Dia juga bermain bertahan dengan tekel, izin, dan intersepsi.

Dia bermain hingga menit ke-85. Yamal kemudian digantikan oleh pencetak gol kedua Barcelona, ​​Ferran Torres.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez tak segan memberikan kesempatan kepada Lamine Yamal untuk menjadi starter karena yakin pemain berdarah Guinea Ekuatorial memiliki kedewasaan dalam bermain. Keyakinan Xavi menunjukkan Yamal melawan Cadiz.

“Saya pikir dia sangat dewasa dan bisa membuat perbedaan bagi kami. Kami harus menjaganya tapi saya pikir dia sudah siap dan saya tidak takut mempercayai pemain muda,” ujar Xavi dikutip dari The Athletic.

Lebih baru Lebih lama